My Olshop : Buenos_Apik

Setelah pensiun dari karyawan, hari-hari banyak dilalui dengan bersantai dan tidak ada apa yang dikerjakan… ternyata lama-lama berasa hari berlalu dengan cepat secara monoton. Suatu hari teman kerja dulu yang juga telah pensiun menghubungi untuk menanyakan kabar melalui wa.

Setelah chat basa basi sampailah pada pertanyaan “Pak sekarang sedang usaha apa?” (teman: “T”)

Jawab saya : “iya nih masih ngurusin kos saja” (saya: “J”)

J : “bapak bagimana nih usahanya yang dulu dirintis saat baru pensiun”

T: “jalan bagus, hanya butuh waktu yang agak lama. Jadi banyak waktu longgar”

T: “Pak, punya ide kira-kira usaha apa ya yang cocok untuk ngisi waktu sambil nunggu usaha yang sedang jalan ini. Karena kemungkinan saya mau balik ke Jakarta dulu”

J : “hmmm bingung juga apaya? Menurut saya kalau di daerah berkembang cocoknya sih toko bangunan, toko sembako, toko pakaian… pokoknya yang berhubungan dengan kebutuhan dasar manusia pasti dicari deh”

T : “iya ya, tapi apa ya yang cocok buat saya”

J : “cari tahu kebutuhan apa yang belum ada ditempat bpk sekarang, yang mungkin bisa bpk sedikakan”

Singkat cerita setelah chat yang lumayan panjang di WA, teman tersebut belum bisa memutuskan apa yang terbaik buatnya. Hari berlalu saya juga masih terus mencari usaha apa yang baik dijalani dari rumah… Hingga pada suatu hari istri memberikan ide bagaimana kalau kita jualan pakaian online. Karena istri melihat saudaranya lumayan sukses jualan online. Akhirnya berkunjunglah kami ke rumah saudara istri, istilahnya “belajar singkat”, disamping itu saya juga teringat akan chat dengan teman tersebut.

Setelah dipertimbangkan berdasarkan “belajar singkat”, akhirnya kami mau mencoba memulai usaha olshop jualan pakaian. Menurut kami Olshop karena tidak perlu keluar rumah dan hanya menggunakan Laptop serta HP sehingga waktu masih banyak untuk berkumpul dengan keluarga.

Pertengahan Maret 2019, mulailah kami membuat olshop di Instagram (Buenos_Apik) yang menjual baju-baju. Kami memutuskan memulai dengan mengunjungi pasar grosir terbesar se Asia Tenggara yaitu my Brother Land Market (Pasar Tanah Abang) untuk melihat-lihat bagaimana suasana pasar pakaian agar ada jalinan rasa (feeling) dengan jualan pakaian.. sekalian mencari tahu kualitas barang di pasar tersebut (selama ini hanya dengar dari teman, youtube, media lainnya). Kami sempat membeli beberapa pakaian untuk stock awal… ternyata faktanya (sementara ini, semoga saya salah) adalah kualitas pakaian berlaku adagium “Ada harga, ada barang”

Setelah menjalani setengah bulan, ternyata jualan tidak semudah yang kita bayangkan (khususnya olshop)… harus cari supplier yang bagus, harus banding-bandingkan harga… buka toko-toko olshop orang… lihat tampilan toko olshop mereka dll…. mencari real buyer (calon pembeli)… ternyata tidak semudah yang dibayangkan oleh kami sebelumnya…

Karena keterbatasan dana dan ruang, serta tenaga… akhirnya kami memutuskan jualan secara dropship sambil terus mencoba untuk membuat stock kami sendiri (seperti Amazon pada awalnya, saya sempat belanja disini saat toko ini belum sebesar sekarang, sekitar 2007 kalau tidak salah)… Tugas kami sekarang ada mencari supplier baju yang berkualitas yang dapat bekerjasama dengan kami yang masih hijau ini baik import/lokal untuk olshop kami, dan yang utama adalah mencari pembeli (follower, kalau di IG) karena saat ini yang menjadi follower kami kebanyakan adalah olshop-olshop yang menawarkan dagangannya, sama seperti kami 🙂 … itulah proses yang kami jalani… stay focus, tetap semangat (stay on fire)… terus berlajar hal yang baru…

Jika pembaca ingin melihat toko kami, silahkan kunjungi olshop :

IG : Buenos_Apik (toko utama kami)

FB : Buenos Apik

Shopee : Buenos Apik

Order (WA) : 082232710529 (no sms, no call)

Stay tune, sukses selalu buat kita semua… GBU.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s