Asisten Rumah Tangga

Saat ini kehadiran profesi Asisten Rumah Tangga sangat diperlukan, karena tingkat kesibukan untuk pemenuhan kebutuhan dan tugas harian sehingga banyak Ibu Rumah Tangga yang memilih menjadi wanita karir, baik itu di instansi pemerintah, swasta, maupu sebagai bisnis atau sekarang lebih diterima dengan istilah entrepreneur.

Kesibukan dan aktifitas tersebut sangat sering meninggalkan rumah sehingga untuk mengerjakan tugas-tugas ibu rumah tangga diserahkan kepada Asisten Rumah Tangga. Penyediaan Asisten Rumah Tangga ini ternyata menjadi peluang usaha oleh orang-orang yang jeli. Baik itu dijadikan usaha resmi maupun tidak resmi. Mereka melatih para calon asisten rumah tangga dengan keahlian-keahlian yang sesuai untuk menunjang tugas mereka, namun banyak juga yang hanya menjadi makelar yang tidak peduli dengan kemampuan sang Asisten Rumah Tangga. Bahkan dijadikan usaha yang sangat menguntungkan dengan trik yang dibaik.

Hal ini kami alami beberapa kali saat mencari Asisten Rumah Tangga melalui makelar tidak resmi, hanya diketahui dari mulut ke mulut bahwa terdapat seseorang yang menjalani bisnis tersebut disamping pekerjaan utama mereka.

Kami beberapa kali menghubungi mereka untuk mencari pekerja yang menjadi Asisten Rumah Tangga dalam usaha kost kami dan juga rumah tinggal kami. Untuk mendapatkan seorang Asisten Rumah Tangga kami diharuskan membayar sang makelar dengan uang jasa sekitar 400rb – 600rb, Asisten Rumah Tangga tersebut dijanjikan mempunyai kemampuan sesuai yang kami syaratkan. Beberapa ternyata memang telah memiliki kemampuan karena telah berpengalaman dan ada juga ternyata tidak memiliki kemampuan tersebut, bahkan kami pernah diberikan pekerja yang ternyata tidak bisa baca tulis sehingga menyulitkan kami dalam hal berkomunikasi/ memberi tugas.

Satu trik dari makelar yang kami pelajari setelah merima uang jasa adalah mereka akan sering menghubungi sang Asisten dengan diberikan iming-iming tempat lain yang memberikan gaji yang lebih tinggi, sehingga membuat sang Asisten Rumah Tangga menjadi tidak betah atau meminta tambahan gaji, jika tidak diberikan akan mencari-cari alasan untuk keluar. Jika si Asisten Rumah Tangga keluar dan benar pindah ke tempat kerja yang baru, maka sang makelar akan kembali mendapatkan uang jasa tersebut. Hal ini biasanya terjadi setelah si Asisten telah sebulan kerja, sehingga kalau terus terjadi seperti ini maka sang makelar akan mendapat pendapatan tambahan setiap bulan sekitar 400rb – 600rb.. nice job…

Namun ternyata ada juga Asisten Rumah Tangga yang tidak mau pindah kerja walaupun telah dihubungi berkali-kali oleh si makelar karena telah merasa cocok dengan tempat kerjanya… walaupun diberi iming-iming gaji yang lebih tinggi. Demikian pengalaman kami…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s