Pengalaman Terbang Kembali Bersama Garuda Indonesia…

Pada tanggal 31 Juli 2013, saya terbang menggunakan Garuda Indonesia. Saat check in sampai terbang semua berjalan dengan lancar. Jam boarding tepat 19.15 sesuai dengan yang tertera di boarding pass… dan pesawat mulai bergerak sesuai dengan jam keberangkatan 19.35… ternyata semua tepat waktu.

Saat check in saya meminta kursi dibagian dekat jendela, menurut petugas check in yang tersedia hanya tinggal sebelah jendela darurat no 14A untuk pesawat Boing 737/800… dan saya mengiyakan.  Ternyata hal tersebut menguntungkan bagi saya karena saat naik pesawat saya lihat jarak celah untuk kaki terlalu sempit untuk ukuran saya (tinggi saya sekitar 175cm), sementara celah untuk kaki pada deretan kursi di jendela darurat cukup lebar.

Selama penerbangan semua berjalan lancar, fasilitas yang disediakan seperti alat hiburan berfungsi dengan normal, hanya tombol untuk menyesuaikan kemiringan sandaran kursi yang tidak berfungsi… kemungkinan karena kursi yang saya tempati berada di area jendela darurat.  Masing-masing penumpang mendapat headset untuk menggunakan alat hiburan. Ketinggian sandaran kursi sangat pas sehingga dapat menopang kepala saya. Kebanyakan pesawat sandaran kursinya hanya sampai sebatas leher saya. Sehingga saya dapat tidur sambil mendengarkan musik dengan cukup nyaman.

Penjelasan mengenai penggunaan alat-alat keselamatan menggunakan monitor yang terdapat dibagian belakang sandaran kursi pada deretan di depan saya. Semuanya benar-benar diperhatikan secara detail, sehingga dapat menyenangkan penumpang… walaupun mungkin tidak bisa menyenangkan seluruh penumpang khususnya penumpang yang memiliki tinggi badan diatas rata-rata orang Indonesia karena jarak kursi dengan kursi di depannya yang masih terlalu dekat/rapat.

Semoga Garudah Indonesia dapat menjadi contoh bagi maskapai penerbangan Indonesia lainnya, khususnya dalam pemenuhan jadwal penerbangan. Banyak maskapai penerbangan yang masih melalaikan hal ini… khususnya penerbangan dengan biaya murah namun dengan sering terjadinya penundaan bahkan pembatalan penerbangan dengan berbagai alasan yang kemungkinan dibuat-buat, dan masih lemahnya pembelaan hak penumpang walaupun dirugikan sekalipun sudah diatur dalam peraturan.

Sukses selalu buat Garuda Indonesia, semoga dapat mempertahankan kinerjanya sehingga dapat menjadi maskapai penerbangan yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Jayalah Indonesia Raya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s