Taksi di Kota Makassar…

Setelah sekian lama, akhirnya kembali berkunjung ke kota Makassar 26 – 31 Juli 2013… kota tempat saya bersekolah. Banyak yang berubah, tentunya semakin ramai walaupun lebar jalan-jalannya masih tetap sama sehingga banyak terjadi kemacetan… tipikal kota besar di Indonesia.

Sawah-sawah atau empang yang dulunya menjadi pemandangan pinggir sepanjang jalan depan Kampus UNHAS di Jalan Perintis Kemerdekaan ataupun dekat PLTU Tello, sekarang sudah berubah menjadi mall dan pertokoan/ ruko… dahulu kalau lewat disekitar situ pada waktu malam hanya gelap gulita sekarang sudah terang berderang. Perempatan ke Antang sekarang selalu macet…

Namun saat melewati jalan-jalan di pusat kota, ternyata tidak banyak berubah kecuali bangunan yang semakin padat… luas jalan masih tetap seperti dahulu, sama seperti pada saat saya masih bersekolah di kota Daeng tersebut.

Angkutan kota alias Pete’-Pete’ masih seperti yang dulu, berbeda pada tarif yang sekarang dari BTP sampai Pasar Sentral sudah menjadi Rp 4.000,-… saat saya bersekolah, untuk anak sekolah, cukup bayar Rp 100,-, disamping Pete’-Pete’ sekarang taxi pun sudah sangat banyak, dahulu hanya ada Bosowa Taxi yang jumlah kendaraannya masih sedikit. Taxi adalah kendaraan yang masih merupakan kendaraan luxury saat itu, namun sekarang sudah menjadi alat transportasi yang dianggap biasa.

Namun satu yang berubah dengan taxi sekarang… selalu tidak ada kembalian uang kecil… sang supir akan selalu sibuk mencari uang kecil jika harus ada kembalian… semua uang dari dalam kantong dikeluarkan namun selalu tidak cukup… bahkan saya pernah mengalami sampai kembalian yang bernilai lebih dari 10ribu juga tidak ada.. wow. Apakah memang seperti itu? Hal ini saya alami dihampir semua nama perusahaan taksi yang sempat saya gunakan.

Saat taksi ada pertama-tama di Kota Makassar, uang kembalian pecahan Rp 100,- pasti dikembalikan oleh sang supir… apakah ini pertanda uang kecil Rp 1000,- atau Rp 2000,- sudah tidak dianggap bernilai oleh sang supir, ataukah?… hanya sang supir yang tahu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s