Daerah/Kota yang Cocok untuk Bisnis Kos…

Banyak orang yang beranggapan bahwa memiliki bisnis kos-kosan dapat dilakukan dimanapun, anggapan tersebut benar adanya namun apakah bisnis kos tersebut menguntungkan? Hanya waktu yang akan menjawab :-). Mungkin sekilas dirasa menguntungkan, namun dengan waktu pengembalian investasi yang cukup lama sehingga sulit untuk mengembangkan jumlah kos yang dimiliki, kecuali sang pemilik bisnis kos merasa cukup untuk memiliki hanya 1 bangunan kos.

Sebelum memulai bisnis kos sebaiknya dipertimbangkan masak-masak dahulu daerah dimana bisnis kos tersebut akan dilakukan. Menurut saya bisnis kos akan sangat menguntungkan jika dilakukan di daerah atau kota perdagangan… semakin maju perdagangan di daerah atau kota tersebut semakin menguntungkan bisnis kos dilakukan disitu… kenapa begitu?

Berikut ini alasannya versi saya:

  • Daerah perdagangan biasanya didukung dengan sarana/pra-sarana yang memadai seperti: sistem transportasi yang memadai (jalan, kendaraan, bandar laut atau udara, dll), sarana pemenuhan kebutuhan sehari-hari.
  • Dengan adanya sarana/pra-sarana tersebut akan menarik banyak orang untuk bertempat tinggal untuk bekerja dan berusaha disana.
  • Semakin banyak orang bertempat tinggal disana (permanen ataupun sementara) untuk hidup dan/atau berusaha, maka akan semakin berkembang daerah/kota tersebut sehingga tuntutan pemenuhan kebutuhan hidup semakin meningkat dan berkembang yang akhirnya semakin melengkapi sarana/pra-sarana seperti sarana pendidikan, sarana kesehatan, bank, sarana hiburan dan rekreasi, dll yang semakin menarik lebih banyak orang.
  • Dengan semakin majunya transportasi/komunikasi, banyak daerah/kota perdagangan dijadikan tempat tinggal sementara dalam menjalankan perdagangan (mencari keuntungan dari perdagangan) sebelum kembali ke tempat tinggal sebenarnya.
  • Luas tanah diarea tersebut tidak bertambah, sementara tuntutan tempat tinggal semakin meningkat…. akhirnya properti semakin mahal sehingga sebagian orang berhitung bahwa menyewa tempat tinggal lebih menguntungkan.
  • Orang mulai menyewa tempat tinggal secara bulanan atau tahunan, atau lebih singkat mingguan bahkan harian saat beraktifitas di daerah/kota tersebut.

 

Demikian alasan-alasan mengapa menurut saya daerah/kota perdagangan lebih menguntungkan dijadikan tempat untuk menjalankan bisnis kos yang menguntungkan… tanpa memperhitungkan siapa target kos yang akan dijalankan.

Beberapa kota yang cocok untuk kos-kosan saat ini (versi saya): Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Semarang, Jogja, Makassar, Balikpapan,

Sebelum bisnis kos berkembang, daerah/kota tersebut merupakan daerah yang sangat menguntungkan bagi bisnis perhotelan/ penginapan. Namun dengan semakin berkembangnya bidang arsitektur/desain interior, maka bisnis kos semakin berkembang. Sekarang banyak bisnis perhotelan/penginapan mulai bersaing dengan bisnis kos-kosan (bergantung target market)… dan juga mulai berkembang bisnis apartemen dengan konsep kos-kosan… hal ini mengakibatkan sangat ketatnya bisnis tempat tinggal sementara… sehingga akhirnya lokasi bisnis kos dalam daerah/kota tersebut menjadi salah satu pertimbangan menguntungkan atau tidaknya bisnis kos.

Lokasi yang mudah diakses, dekat area akitifitas perdagangan dan pendukung perdagangan biasanya laris manis… sehingga sekarang selain daerah/kota yang dipertimbangkan, lokasi di daerah/kota tersebut juga harus dipertimbangkan….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s