Berinvestasi, Berbisnis jadi pasive income….

Sabtu kemarin, 04 Mei 2013, sempat ngobrol dengan teman kantor mengenai bisnis dan investasi…. penggalan obrolan tersebut yang saya kira bermanfaat sbb:

Teman tersebut ingin memulai bisnis atau investasi namun saat ini masih memiliki utang mobil dan rumah yang harus dilunasi, setelah rumah dan mobil lunas baru deh coba cari-cari bisnis dan investasi yang cocok yang bisa dijadikan pasif income nantinya. Teman ini sudah mulai berbisnis kecil-kecilan dengan jualan jaket yang lumayan banyak. Namun menurutnya bisnis ini kurang cocok dengan jiwanya…

Teman saya bertanya, “Mas bro, yang paling cocok itu bagaimana ya… apa saya lunasi utang rumah dan mobil dulu baru mulai bisnis/investasi yang bisa dijadikan pasif income kelak?”

Jawab saya “Kalau menurut saya, mulai bisnis dari sekarang lebih bagus… semakin cepat semakin mantap”

Teman “tapi utang rumah dan mobil bagaimana dong? Saya juga pengen punya usaha kos-kosan seperti punya mas bro, tapi mulainya bagaimana ya?”

Jawab saya “Kalau tidak mengganggu arus keuangan keluarga, utang barang yang nilainya terus naik sebaiknya jangan ditutup… kalau hutang barang yang nilainya terus turun ya sebaiknya dilunasi cepat”

Teman, “berarti saya lunasi mobil saja ya… bagaimana pendapat mas bro”

Jawab saya “menurut saya iya sih…”

Teman “terus langkah selanjutnya bagaimana nih?”

Wah… terus terang pusing juga saya dengan pertanyaan teman satu ini, karena saya bukan Financial Planner, dan yang pasti teman saya juga gak akan mau beritahu berapa besar pendapatannya… rahasia negara masak harus diberitahu negara lain hehehehe….

Jawab saya begini: “Sekarang mobilnya dipakai tiap hari atau tidak?”

Ternyata mobilnya hanya dipakai saat teman tersebut cuti. Istrinya tidak mau menggunakan mobil karena Jakarta macet…. sehingga rugi donk kalau mobil cuma dipakai saat cuti, selebihnya hanya dipanaskan dan nongkrong di garasi.

Ok kalau kondisinya begitu… saya beri saran bagaimana kalau mobil tersebut dijual, hasil penjualan mobil dicarikan tanah dan setelah itu mengajukan KPR Konstruksi ke bank untuk dapat pinjaman pembangunan kos… jadi deh punya kos. Namun sebelum bangun kos sebaiknya ditentukan dulu target penghuni kosnya siapa, harga sewanya.. cari lokasi yang cocok sesuai target…

Jawab Teman “berarti saya gak punya mobil donk kalau saya cuti… wah berat juga”.

Melihat keberatan tersebut, saya balik tanya “kalau tidak punya mobil 1 sampai 1,5 tahun kedepan bagaimana?

Jawab Teman “kalau begitu mungkin bisa diterima dibanding tidak punya mobil dalam waktu yang tidak ditentukan”

Jawab saya, “bagaimana kalau hasil jual mobil tersebut dibelikan rumah bekas… rumah tersebut dipoles atau renovasi dikit… kemudian dijual lagi… anggaplah jual-beli rumah tersebut memerlukan waktu 1-1,5 thn. Kemudian hasil jual rumah tersebut sebagian dijadikan DP mobil, dan sebagian dibelikan rumah bekas lagi atau bisa langsung beli tanah untuk kos-kosan?”

Teman, “wah… boleh juga tuh mas bro idenya, jadi bisa punya mobil lagi dan punya bisnis jual beli rumah atau punya rumah kos”

Kelihatannya teman tersebut agak setuju, dan menjadi inspirasi buatnya… malah saat itu tercetus ide sang teman akan coba terjun ke bisnis jual beli rumah bekas, karena ternyata adiknya saat ini juga di bisnis jual-beli rumah bekas… Langsung deh saat itu juga teman tersebut menelpon adiknya dan meminta untuk mencarikan rumah yang akan dijual… Ini kali yang dinamakan “action”….

Semoga tulisan ini menjadi inspirasi… kami tidak membicarakan nilai uang saat itu, hanya ide-ide. Sukses selalu!

Iklan

2 respons untuk ‘Berinvestasi, Berbisnis jadi pasive income….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s