Beli Emas Nyicil…

Saat ini emas menjadi komoditas yang dikejar oleh para investor, baik pemula sampai investor besar… karena trend harga emas yang terus naik.

Saya dan istripun tertarik menyimpan uang cash dalam bentuk emas, walaupun masih terbilang investor kecil-kecilan namun terus berkembang 🙂 (hope mode on) ..  Harga emas terus meningkat hingga saat ini sudah berkisar 500rb-an. Emas yang kami miliki telah beberapa kali digunakan untuk mendapatkan dana cash cepat saat sangat membutuhkannya dengan digadaikan…. setelah itu cari jalan untuk menebusnya hehehehe…Saat ini sangatlah menguntungkan menyimpan emas dibandingkan uang cash, karena nilai uang cash terus digerus inflasi. Sebaliknya harga emas akan terus naik apalagi saat inflasi.

Coba bayangkan, saat saya masih kecil (tahun 80-an) harga sepotong singkong goreng sekitar Rp 25,- dan saat ini (14 Nov 2012) sudah berkisar Rp 1.500,- sampai Rp 2.500,-.. coba bayangkan, berapa kali lipat.. sekitar 100x atau naik 10.000% dalam 30th… berarti nilai uang cash terus turun.

Harga emas tahun 90-an sekitar Rp 24rb/gram,- dan sekarang (14 Nov 2012) sudah seharga 582rb/gram (logammulia.com).. naik sekitar 2500%…

Terlihat dalam 30 thn nilai uang cash bisa turun sampai 10.000%… dan harga emas naik 2.500% dalam 20 thn terakhir. Ini hanyalah pendapat sederhana saya yang tidak tahu hitungan-hitungan mengenai inflasi dan hitungan jelimet lainnya dalam hal investasi.

Saat ini beberapa situs di internet menyediakan cara pembelian emas secara bertahap a.k.a nyicil…  sehingga memudahkan masyarakat yang memiliki dana terbatas untuk mendapatkan sejumlah gram emas batangan yang diingini secara bertahap.

Contohnya begini, Anda ingin memiliki 5gr emas namun dana anda saat ini tidaklah mencukupi untuk secara langsung membeli emas 5 gram sehingga keuangan keluarga anda tidak terganggu. Maka untuk mendapatkannya, dapat dibeli secara bertahap/ nyicil.  Berikut ilustrasi tahap-tahap beli emas nyicil (harga emas hanyalah asumsi, bukan harga emas sebenarnya):

  • Awalnya, 14 Nov harga emas 582rb/gr dan anda membeli 1gram..
  • Kemudian 26 Nov anda gajian, dan disisihkan untuk membeli emas 1gr, katakanlah seharga 578rb/gr…
  • Kemudian 14 Des anda mendapatkan bonus THR 1jt, yang anda belikan emas 1gr dengan harga katakanlah 590rb/gr…
  • Kemudian 26 Des anda gajian, dan disisihkan untuk membeli emas 1gr, katakanlah seharga 580rb/gr…
  • Kemudian 27 Des Anda mendapatkan giliran arisan kantor, sehingga dapat membelikan emas 1gr seharga 590rb/gr… (selesai)

Dalam 1,5 bulan anda telah dapat memiliki 5gr emas sesuai keinginan dalam bentuk tabungan (bukan fisik), dan saat ingin dijadikan emas batangan secara fisik anda hanya membayar ongkos cetak atau ongkos buatnya saja dan jika diminta dapat dikirimkan ke alamat anda (sesederhana itu)…

Selama membeli secara bertahap, anda tidak akan memiliki emas secara fisik. Namun hanya memiliki virtual account yang menyatakan nilai gr emas milik anda sampai anda berniat menebusnya menjadi emas fisik dengan hanya membayar ongkos cetak karena anda telah membayarkan harga tiap gram emas sebelumnya.

Salah satu situs dimana anda dapat membeli emas secara bertahap, disebutkan dalam situs tersebut “menabung” emas adalah emas24karat. Di situs ini andapun dapat menitip emas fisik anda untuk diinvestasikan oleh emas24karat dan anda mendapatkan keuntungan 10% dari tiap transaksi yang dilakukan oleh emas24karat, dan anda tidak kehilangan emas fisik anda jika sewaktu-waktu anda menginginkannya. Situs ini memiliki toko emas di BJ Junction Mall, Surabaya.

Saya hanyalah memberitahukan jalan/pilihan, jangan dijadikan keharusan untuk menginvestasikan uang atau emas anda di situs ini. Karena semua investasi memiliki resiko yang harus ditanggung oleh masing-masing investor. Sebaiknya dipelajari terlebih dahulu sebelum mulai berinvestasi.. semoga bermanfaat…

Iklan

Satu respons untuk “Beli Emas Nyicil…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s