Jika saya memiliki 100jt Cash…

Banyak orang yang bertanya, jika saya memiliki 100jt cash apa yang harus saya lakukan? Apakah harus memulai bisnis, ataukah saya membeli emas, atau properti.. atau… atau…???

Sangatlah bijak untuk mulai bertanya kepada diri sendiri jika secara tiba-tiba, dalam dunia nyata kita dikaruniakan memiliki uang 100jt tersebut. Karena dengan pertanyaan ini kita telah mempersiapkan diri dengan rencana jika hal ini benar-benar terjadi. Saya tahu 100jt bagi beberapa orang adalah jumlah yang sedikit namun tidak sedikit juga yang menganggap 100jt adalah sesuatu yang luxurious…

Berikut ini adalah rencana saya jika mendapatkan kesempatan memiliki 100jt Cash:

Sepengetahuan saya, saya baca melalui internet dan buku, bahwa untuk melipatgandakan uang kita ada beberapa jalan terbaik.

  • Bisnis (dengan jalan ini uang kita dapat berkembang dengan pesat)
  • Properti (setelah bisnis, properti adalah salah satu intrumen yang dapat mengembangkan uang kita)
  • Paper asset (adalah instrumen yang kemudian, spt: saham, reksadana, option, dll)

Dari ke-3 jalan atau instrumen diatas, bisnis menjadi urutan pertama untuk dapat melipatgandakan uang terbesar. Namun semua itu berpulang kepada pribadi masing-masing. Ada orang yang dengan mudah menjalankan suatu bisnis ada yang tidak.. saya termasuk dalam orang yang tidak mudah untuk memulai bisnis.

Untuk saya yang pasti berlaku adalah: Properti… kemudian bisnis dan paper asset bersamaan…

Jadi jika saya memiliki 100jt cash maka langkah yang akan saya lakukan adalah:

  1. Membagi uang tersebut menjadi 2 bagian, masing-masing 50jt.
  2. 50jt pertama akan saya jadikan DP untuk pembelian properti melalui KPR. Properti yang saya cari adalah properti yang bisa disewakan. Lokasi properti harus bagus.
  3. 50jt berikutnya saya bagi 3 (33%, 33%, 23% atau 50%, 25%, 15% atau 50%, 30%, 10%). Porsi terbesar akan saya gunakan untuk memulai bisnis, kemudian paper asset (saat ini saya baru masuk ke Reksadana Saham), kemudian jangan lupa adalah emas. Emas adalah salah satu instrumen yang melindungi nilai dari uang yang kita miliki.

Ke-3 jalan diatas telah saya jalani… dan akan terus saya jalani, saya mulai dengan membeli properti berupa tanah yang kemudian saya dirikan kos-kosan, kemudian saya memulai bisnis dengan laundry kiloan, dan saya membeli reksadana saham serta emas.

Dari hitung-hitungan no.3 jika saya memiliki 100jt, masih kurang 10%. 10% tersebut saya gunakan untuk investasi bagi diri sendiri… seperti membeli buku, ikut pelatihan/workshop, internet, beli vitamin agar tetap sehat, dll… karena dengan berinvestasi kepada diri sendiri hasilnya bisa lebih maksimal.

Demikian yang akan saya lakukan, semoga dapat menjadi inspirasi…. sukses selalu buat semuanya!

Iklan

10 thoughts on “Jika saya memiliki 100jt Cash…

  1. saat ini saya belum punya uang 100 jt. Jika nanti saya ada uang 100 jt, saya akan beli tanah 120 m2 seharga 40 juta.lalu saya buat gambar rumah tipe 36 yang saya sesuaikan dengan ketentuan perbankan dan mulai saya jual sebagai rumah inden dengan harga 180 jt.DP 20 %.biaya bikin rumah n legalitas nya 80 jt.rampung 4 bulan.

  2. Salam jabat erat…!!!
    Mantap Juragan, sangat terinspirasi…saya juga akan melakukan investasi properti (lg nunggu keajaiban yg bernama TOP UP di BTN…hehehe) boleh sharing dg saya..dtunggu juragan!!!

    • Hi Bro, tidak ada kata terlambat… mulai dari sekarang. Tanpa mulai kita tidak akan tahu hasilnya… Jangan jadi pesimis, selalu optimis… pasti hasilnya akan kelihatan kalau semua usaha dilakukan dengan tekun.. Ora et Labora.. GBU.

  3. Pak saya susah memiliki 100jt, malah lebih. Tapi saya selalu tidak percaya diri dalam memulai bisnis, mau nya cari partner terus :). Tapi Sekarang saya berusaha mencoba membeli properti. Ada yg mau Ikut?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s