Tipe Penyewa

Hidup mati bisnis kost sangatlah bergantung kepada penyewa, “Penyewa adalah Raja”. Namun kata-kata tersebut untuk saat ini terkadang tidak selalu benar. Harus bisa memilah-milah mana penyewa yang baik, yang banyak complain, atau bahkan penyewa yang bermasalah.

Kami terus belajar memilah-milah penyewa dan bagaimana perlakuan yang harus diterapkan terhadap para penyewa. Tiap penyewa adalah unik dan memerlukan perlakuan yang tidak sama satu sama lain.

Beberapa tipe penyewa yang kami temukan selama ini, sbb:
Penyewa yang Baik, tipe penyewa ini adalah tipe yang harus terus dipelihara. Penyewa ini tidak pernah complain, kalaupun harus complain biasanya yang benar-benar mengganggu seperti air mati, ac yang rusak. Mereka membayar tepat waktu, kalaupun harus terlambat pasti memberitahu dengan alasan yang masuk akal. Penyewa ini tidak terganggu dengan kekurangan kecil. Namun dari mereka kami tidak mendapatkan banyak masukan yang berharga. Selalu berikan yang terbaik bagi tipe ini, karena sekali mereka kecewa akibatnya bisa fatal.

Penyewa yang Baik, namun Cerewet. Penyewa jenis ini adalah penyewa yang sebenarnya sangat kita perlukan. Penyewa ini sangat detail memperhatikan hal-hal kecil yang kurang, dan merekapun tidak segan-segan memberitahukan kepada pemilik kost apa yang mereka senangi dari fasilitas/servis. Biasanya mereka membandingkan dengan apa yang dimiliki dirumah mereka atau kost mereka sebelumnya. Dari merekalah kami banyak belajar, apa saja yang kurang, apa yang perlu diperbaiki, atau yang sudah bagus, dll. Namun tidak semua harus didengarkan, tipe ini juga harus diperlihara. Walaupun cerewet mereka tetap membayar tepat waktu, kalaupun terlambat selalu memberitahu dengan alasan yang dapat diterima. Kami akan selalu berusaha mendengarkan keluhan mereka, dan berusaha memperbaiki jika memang harus diperbaiki.

Penyewa Cerewet. Tipe penyewa ini selalu complain dan sering membanding-bandingkang fasilitas/servis rumah kost dengan yang lain secara negatif. Biasanya penyewa ini selalu tidak puas dan ada saja yang dijadikan bahan untuk complain. Jika penyewa ini membayar dengan lancar sebenarnya tidak menjadi masalah walaupun kritikannya dapat membuat telinga panas hehehe, tetapi jika sering terlambat harus secepatnya dikeluarkan sebelum terjadi hal yang tidak diharapkan. Usahakan sesegera mungkin mengganti penyewa jenis ini.

Penyewa Bermasalah. Tipe ini adalah tipe yang harus dihindari. Biasanya penyewa ini pembayarannya terlambat, ditagih berkali-kalipun sering tidak peduli, apalagi jika telah terlambat 1 bulan, jika akan dihubungi selalu menghindar. Penyewa seperti ini harus langsung dikeluarkan sebelum terjadi masalah yang lebih besar. Dan harus diberitahu dengan jelas kapan harus keluar, biasanya berikan waktu 2-3 hari baginya untuk mencari kost lain.

Penangan tiap tipe harus tetap sopan dan seramah mungkin, walaupun terkadanng/sering membuat telinga dan hati panas. Namun semuanya harus dihadapi dengan kepala dingin.

Demikian pengalaman kami berhubungan dengan tipe/karakter penyewa, semoga bermanfaat.

Iklan

2 respons untuk ‘Tipe Penyewa

  1. Di Indonesia belum membudaya pembayaran security deposit bagi penyewa kamar kost, saat ini security deposit hanya diberlakukan oleh hotel2 saja. Sebenarnya security deposit sangatlah bermanfaat bagi kedua belah pihak, baik penyewa maupun pemilik, misalkan si penyewa tidak membayar uang kos lalu kabur maka si pemilik kos dapat mengambil dari security deposit tsb atau bila si penyewa merusakkan fasilitas kos maka security deposit itulah yang akan digunakan untuk menggantinya.

    • Benar Ibu Ida, bedanya di hotel pembayaran dibelakang, setelah masa menginap berakhir, dan harus menyerahkan security deposit (semacam DP). Kalau kost sewanya harus dibayar dimuka pada bulan berjalan bukan diakhir masa sewa (biasanya ada masa tenggang waktu sekitar 10 hari) namun penyewa yang nakal selalu mengulur waktu sampai bulan berjalan, bahkan setelah ditagih mengatakan “loh saya belum bayar ya”… wah sangat menyebalkan hehehe… dan orang semacam ini harus segera dikeluarkan sebelum masalah membesar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s