Tips Penggunaan dan Cara Melunasi Utang Kartu Kredit

Pada saat ini siapa yang tidak mengenal Kartu Kredit atau yang lebih keren Credit Card, karena disetiap pintu masuk pusat perbelanjaan yang ramai biasanya para SPG langsung menyapa anda dengan ramah untuk menawarkan produk Kartu Kredit dari berbagai bank. Betapa mudahnya Kartu Kredit ini diperoleh dengan berbagai iming-iming seperti:

  • gratis biaya/fee selama setahun
  • kemudahan berbelanja dan tawaran diskon diberbagai outlet
  • pembayaran dapat dilakukan dibayar pada akhir bulan
  • mendapatkan hadiah langsung jika aplikasi anda disetujui
  • tawaran kredit barang dengan cicilan sampai 12x dengan bunga 0%, dll.
  • mendapatkan poin jika digunakan, semakin sering digunakan semakin banyak poin yang dapat dikumpulkan yang kemudian ditukarkan dengan produk tertentu sesuai jumlah poin.


Hal ini membuat banyak orang yang tertarik untuk memilikinya, diperburuk lagi dengan perilaku rakyat Indonesia yang suka berbelanja. Hal ini dapat disaksikan saat akhir pekan atau saat gajian (biasanya akhir/awal bulan), semua pusat perbelanjaan penuh sesak berhimpitan.

Kesempatan ini dengan jeli dimanfaatkan oleh berbagai bank, khususnya bank yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh asing untuk memasarkan produk Kartu Kredit mereka.

Terkadang orang memiliki beberapa kartu kredit hanya untuk meningkatkan perasaan gengsi sang pemilik, apalagi kartu kredit tersebut  diterbitkan oleh bank besar asing. Kartu Kredit sangat membantu dan memudahkan dalam bertransaksi karena tidak perlu membawa uang cash kesana-kemari dan sangat tidak nyaman jika harus bertransaksi dalam jumlah yang besar dengan membawa segepok uang cash.. hal ini dapat pula membahayakan keselamatan sang pemilik uang.

Dibalik keuntungan memiliki kartu kredit, tersimpan potensi malapetaka yang sangat besar jika tidak bijak menggunakannya. Karena bunga kartu kredit sangatlah besar jika tagihan tidak langsung dilunasi 100% saat jatuh tempo karena bunga dihitung bukan dari sisa kredit jika tidak membayar lunas saat jatuh tempo namun dihitung dari saldo hutang diawal saat pencetakan slip tagihan. Dan bunga dihitung secara harian.

Dibawah ini tips yang saya lakukan dalam menggunakan kartu kredit:

  • Jangan menganggap Kartu Kredit adalah uang lebih.
  • Jangan bertransaksi dengan kartu kredit jika anda merasa tidak dapat melunasi seluruh tagihan saat jatuh tempo pembayaran.
  • Jika memiliki lebih dari 1 kartu, usahakan menggunakan 1 kartu dalam 1 period (bulan) pembayaran. Jangan bertransaksi dengan semua kartu dalam 1 period pembayaran, akan menyulitkan saat pembayaran, dikarenakan slip tagihan terkadang datang terlambat.
  • Miliki kartu kredit yang memberikan program discount terbanyak, dapat diterima dibanyak tempat, dan memberikan program hadiah yang menarik jika sering digunakan.
  • Miliki kartu kredit yang dapat memberikan kemudahan dalam pembayaran tagihan (paling gampang membayar di ATM), jangan miliki kartu kredit dimana bank penerbit tidak memiliki cabang ditempat anda berdomisili. Belum tentu kartu kredit yang banyak digunakan orang lain juga berguna bagi anda jika hal itu menyulitkan dalam hal pelunasan tagihan.
  • Jika anda sering bepergian menggunakan pesawat terbang, sebaiknya miliki Kartu Kredit yang dapat digunakan pada Executive Lounge yang terdapat dibeberapa bandara tertentu. Biasanya minimal jenis kartu kredit gold, namun tidak semua jenis gold dapat digunakan bergantung kerja sama bank penerbit dengan penyedia jasa Executive Lounge. Hal ini akan memudahkan anda beristirahat ketika menunggu naik pesawat atau saat transit dalam jangka waktu lama.
  • Gunakan Kartu Kredit jika terdapat program cicilan sampai 6-12 bulan dengan bunga 0% pada barang-barang yang anda butuhkan.

Jika anda telah bermasalah dengan utang kartu kredit, dibawah ini tips yang dapat dijadikan pilihan:

  • Jangan pernah membayar hanya  sejumlah minimal pembayaran yang diperbolehkan.
  • Jika memiliki lebih dari 1 kartu, usahakan untuk melunasi utang tagihan kartu yang memiliki bunga terendah terlebih dahulu. Kemudian segera pindahkan tagihan Kartu Kredit yang memiliki bunga terkecil setelahnya ke KK yang telah lunas, setelah itu tutup kartu kredit tersebut. Langkah ini dilakukan terus sampai semua kartu lunas.
  • Jika anda memiliki 2 kartu kredit dan salah satu kartu tidak memiliki tagihan, sementara itu anda tidak memiliki dana untuk membayar lunas tagihan yang terdapat pada kartu yang lain… segera pindahkan seluruh tagihan ke kartu kredit yang tidak memiliki tagihan. Hal ini dapat menunda pembayaran bunga namun tidak menunda pelunasan tagihan sementara anda menyiapkan dana.
  • Jangan gunakan kartu kredit jika masih terdapat tagihan yang tertunggak.
  • Cari pinjaman dengan bunga lebih kecil dan dapat dicicil untuk melunasi seluruh tagihan kartu kredit karena bunga kartu kredit sangatlah besar.
  • Pilihan terakhir adalah, adakan refinance dengan bank penerbit jika anda sudah benar-benar tidak memiliki opsi lain.

Semoga bermanfaat.

Iklan

71 thoughts on “Tips Penggunaan dan Cara Melunasi Utang Kartu Kredit

  1. pak enos selamat sore kami mau minta no marketing take over bank bri, bank syariah mandiri kalau marketing yang bank lain sy kebingungan mau menghubungi ke siapa. sy rencana take over btn ke bri atau ke bank lain. di btn sudah jalan 3 tahun tinggal 7 tahun lagi rencanan take over ke bri cicilan 690 bulan sisa uang tinggal 46 jt lagi. trim informasinya pak enos

    • Pak Budi, saya tidak memiliki no-no marketing tersebut. Silahakan hubungi cab bank2 terdekat dengan tempat tinggal bapak. Bisa hubungi 108 telkom untuk mengetahui no telpon bank-bank tersebut yang berada di lokasi tempat tinggal bapak. Salam.

  2. Pak enos,sy mo nanya..seandainy bln januari sy menggunakan kartu kredit dgn cicilan 0% slama 6bln.. Apakah sy dikenakan bunga apabila sy menggunakan kk sy lg bln februari(beda 1bulan) dng ci2lan 0% selama 6bln lg? (dgn catatan sy bayar sblm jatuh tempo).. Trus apakah Tagihan dr bank di total dr smua cicilan per bulan ato sendiri2..

    • Ibu Mira, pengalaman saya semua bergantung dari tanggal cetak laporan bulanan.

      Contoh:
      – Jika tanggal cetak laporan setiap tanggal 10, maka semua transaksi sebelum tanggal 10 akan masuk ke tagihan bulan sebelumnya. Jika Ibu transaksi tgl 10 Januari, maka transaksi akan diikutkan dalam pembayaran (Jatuh Tempo) sekitar tanggal 24 Januari. Biasanya tanggal Jatuh Tempo 14 hari setelah tanggal cetak.
      – Jika Ibu transaksi tanggal 11 Januari, maka transaksi akan masuk dalam laporan 10 Februari sehingga tanggal Jatuh Tempo 24 Februari.

      Bunga tidak akan terjadi jika tagihan dibayar penuh sebelum tanggal jatuh tempo. Dan jumlah tagihan adalah akumulasi dari semua transaksi, jadi benar akan dijumlahkan tagihan Jan + Feb (bergantung tanggal cetak transaksi). Hati-hati dengan bunga KK, karena sebenarnya dihitung secara HARIAN. Semakin lama transaksi belum dibayar, semakin besar bunga. Dan bunga dihitung berdasarkan jumlah sisa tagihan awal cetak transaksi.
      Biasanya dibalik laporan transaksi diberitahukan cara perhitungan bunga, harus dipelajari.

      Jadi yang harus diperhatikan dari KK:
      – Tanggal Cetak Laporan
      – Tanggal Jatuh Tempo (biasanya 14 hari setelah Cetak Laporan)
      Semua terdapat di Laporan Transaksi KK.

      Semoga berkenan.

  3. pak jika saya punya cicilan 18 bln kemudian ingin saya percepat pelunasannya apakah akan kena penalty? lalu bagaimana jika saya transfer sejumlah cicilan 18 bln langsung skrg (tanpa menyicil tiap bulan) dengan harapan bank melakukan auto credit terhadap sejumlah uang yang saya transfer apakah saya akan kena penalty juga? dan bisa kah saya menutup kartu kredit saya yang sekarang ini masih berjalan cicilannya tanpa terkena biaya penalty ato biaya macem2 lainnya? mhn feedback’y tq

    • Cicilan kartu kredit sampai 18bln? Biasanya sih paling lama 12 bulan… biasanya kena penalti kalau cicilan 12 terus dibayar sekaligus. Sebaiknya masukkan uang ke rekening dan minta bank potong otomatis untuk pembayaran cicilan CC.. ini jika jumlah cicilan tiap bulan sama. Tutup CC harus sudah lunas terlebih dahulu… IMHO. Semoga berkenan.. sukses selalu.

  4. Misalnya saya punya tagihan kartu kredit 5jt dengan minimun payment 500rb yg jatuh tempo pembayaran tgl 05 Oct 2014, apabila saya melakukan transaksi retail 3jt kemudian dirubah ke cicilan dengan tenor 12 bulan misalnya transaksi 8 Agustus 2014, tgl cetak tagihan saya setiap tgl 16. Jadi sebelum jatuh tempo 05 Oct 2014 sy mesti bayar sebesar 500rb (sy cm bs bayar minimun payment) plus 271rb (cicilan yg dirubah menjadi 12bln)?
    untuk bulan berikutnya, transaksi retail itu harus saya bayar per tgl berapa agar tidak kembali menjadi transaksi retail (soalx infonya klo telat bayar tetap kena bunga dan dianggap transaksi retail)?

    • SEtahu saya tagihan harus bulanan harus sudah dibayarkan paling lambat pada tanggal jatuh tempo, biasanya sekitar 2 minggu setelah tanggal cetak tagihan. Atau jika ingin pastinya, silahkan googling. Banyak sumber di internet. Semoga berkenan… sukses selalau.

  5. mohon info pak,biasanya berapa lama tenggang waktu pada saat kita melunasi tagihan sampai dengan tagihan nol.jadi semosal tagihan saya 8jt tagihan tercetak tgl 1 dan tgl 2 sudah muncul tagihan sy lunasi 8jt pd tgl 2,apakah otomatis langsung lunas atau ada jeda waktu pada saat pembayaran s/d lunas?trims sblmnya

  6. mohon infonya pak, saya punya CC dgn tanggal cetak per tgl 1, dan jatuh tempo tgl 21. pada bulan ini (april 2015) saya ada tagihan sebesar 1 jt. misalnya pd tgl sebelum jatuh tempo (antara tgl 1 dan 21) saya menarik uang tunai dr CC saya itu sebesar 1 jt, dg maksud utk membayar tagihan yg bulan April, apakah itu akan mempengaruhi hitungan bunga? atau itu akan dihitung sbg transaksi pd tgl cetak bulan berikutnya? terima kasih

    • Pak Budi, akan masuk tagihan bulan depan… tapi kalau tarik tunai kan langsung kena bunga. Kemudian akan dikenakan bunga lagi jika telat membayar bulan depannya… begitu seterusnya. Semoga berkenan, sukses selalu!

  7. mohon infonya Pak enos, pada CC saya tercetak tgl 15 dan saya bertransaksi tepat di tanggal 15 mei sore hari dengan menggunakan EDC bank lain. apakah tagihannya masuk di bulan berikutnya atau ikut tercetak di bulan mei ?

  8. Mas maaf saya mau nanya nih CC saya diaktifasi tgl 13 kapan tgl penagihannya?dan saya sudah membayar tagihan bulan ini pada tgl 17 tapi total tagihan saya masih ada dgn jumlah yg sama

  9. Mas maaf saya mau nanya nih CC saya diaktifasi tgl 13 kapan tgl penagihannya?dan saya sudah membayar tagihan bulan ini pada tgl 17 tapi total tagihan saya masih ada dgn jumlah yg sama mohon bantuan

  10. ibu saya memiliki kk tp sudah tidak dipakai lagi dan sudah ada persetujuan dengan bank yang
    bersangkutan bahwa melunasinya selama 12 bln visa dan master tp tiba – tiba pada angsuran ke 11 pihak bank menelepon dan mengatakan bahwa angsurannya visa 18x dan master 14x saya jadi bingung kenapa tadinya 12x skrg malah naik dan sudah ke bank dari pihak bank mengatakan bahwa itu sudah tercatat selama 18x dan 14x di komputer kalau tidak terlambat membayar maka akan bertambah bunganya padahal kartunya sudah di tutup. mohon bantuannya pak.. makasih

  11. pak enos… saya masih bingung karena saya masih anak sekolahan, misalnya saya menggunakan kartu kredit dalam pembelian suatu barang yang mendesak dengan nominal harga Rp.250.000, akan tetapi saldo sebenarnya tersisa Rp.100.000, apakah saya masih bisa menggunakan kartu kredit dalam transaksi tersebut??. mohon jawabannya, Terima kasih

  12. Selamat sore pak enos…,dapatkah sistem penghitungan kartukredit salah , pada tagihan kartu kredit saya terdapat transaksi cicilan tetap dan retail..(40%tetap 60%retail)sebelumnya sy mengajukan ‘balkon’..tapi hanya 95% dari total tagihan saat itu yg dapat disetujui untuk balkon, saya terkejut karna di tagihan selanjutnya tagihan cicilan tetap saya masih ter akumulasi pada cetak biling..ternyata disampaikan..bahwa total tagihan yg saat tercetak saya ajukan balkon..bukanlah total tagihan yg sebenarnya..cetak biling untuk tagihan tetap dan retail saat itu adalah 11jt sekian..ternyata jumlah sesungguhnya adalah 15jt an…saya heran mengapa pihak bank tidak mencantumkan jumlah sebenernya..apakah memang demikian…?untuk 4bulan terakhir saya membayar rata2..35% dari total tagihan,setelah saya periksa..dari jumlah yg saya bayar selama 4bulan ini, hanya mengurangi tagihan sebesar 800rb, 650rb, 500rb dan 450rb an..mohon penjelasannya pak…saya bener merasa di bodohi…mungkin saya memang tidak mudah mengerti…tapi se ingat saya, pihak bank tidak terbuka sepenuhnya dalam memberi penjelasan..terutama jumlah total tagihan yg tercetak dan yg sesungguhnya dari transaksi tetap dan retail..
    Trimakasih pak..semoga pembaca yg lain dapat mengambil hikmah dari manfaat program “BALKON” bank Mega..

  13. pak enos, saya mau melakukan pelunasan utk kk mandiri saya yg macet, ketika di bank mandiri , mereka hanya memberi tahu jumlah keseluruhan ( 36 juta ), total pemakaian( 14 jt ),dan yang harus kami bayar sudah dipotong discount ( 15 jt ), sedangkan kami merasa tidak pernah melewati limit kk sebesar 10 jt dalam pemakaian kami sehari2..ketika kami minta rincian pemakaian ke pihak bank, mereka tidak mau memberikan dengan alasan mereka bukan divisi yg berwenang utk memberikan rincian pemakaian tsb..menurut bapak, bagaimana penyelesaian yg paling baik utk semua pihak. terima kasih.

    • Ibu Dinda, seharusnya bank memberikan perinciannya. Tanyakan divisi mana yang memberikan perincian, dan hubungi divisi tersebut.
      Biasanya tiap bulan diberikan bank statement CC, coba cek melalui bank statement tersebut. Semoga berkenan sukses selalu.

  14. selamat siang pak enos..mohon bantuan nhi,saya menggunakan KK bank Mandiri,3 bulan terakhir tagihan saya sebesar 9 jutaan,..dan selama 3 bulan terakhir saya melunasi sebelum tanggal jatuh tempoh tiap tanggal 2 setiap bulannya…saya melunasi dengan urutan juli 900an,bulan agustus 1jutaan dan bulan september 900an…sy melunasi 10%nya..tetapi pengapa tagihan saya hingga hari ini masih 9jutaan..? seharusnya jika diurutkan seperti ini :juli 9 juta – 900 = 8 juta, agustus 8 juta-1 juta = 7 juta, dan september 7 juta – 900= 6juta..tapi mengapa tagihan masih 9 jutaan dengan minimum pembayaran 900an…mohon dibantu pencerahannya…terima kasih

    • Pak Steven, coba lihat cara perhitungan bunga KK…. biasanya di halaman belakang kk statement-nya. Semakin lama dicicil semakin besar bunganya.
      Semoga berkenan dan sukses selalu!

  15. Salamet sore pak. Saya punya total tagihan 6jt pak bayar minimum 900 rb pak. Apakah bisa dari total tagiihan cc saya .saya buat cicilan tetap,?

  16. Selamat malam pak Enos,
    Sy mau tanya,jika sy membeli brg seharga 6jt,dicicil selama 6 bln dgn bunga 0%,
    artinya limit kartu sy yg 10jt,hnya bisa dipakai 4jt dan dana 6jt tsb di bekukan sampai sy membayar tagihan.
    Dan di bulan berikutnya( jika sy membayar 1jt sblm tgl jatuh tempo), dana sy yg dibekukan berkurang mnjadi 5jt.
    Benar begitu?
    Mohon pnjelasannya.terima kasih.salam.

    • Pak Reza, kalau mau tahu bunga silahkan hubungi call center Mandiri atau silahkan dibaca di bank statement KK (tagihan bulanan) yang dikirimkan tiap bulan. Bagian belakang biasanya ada penjelasan mengenai pembayaran bunga, dan juga biasanya ada pemberitahun berapa bunganya. Semoga berkenan dan sukses selalu!

  17. Pa sy baru menggunakan kk, saya msh perlu info pengunaan kk. misalkan sy menggunakan kk tarik tunai 3jt, untuk tagihan 3jt itu apa bisa dibikin cicilan? apa bln berikutnya harus bayar tagihan 3jt+bunga.

  18. sy baru megunakan kk, misalkan sy tarik tunai 3jt, apa bisa dibikin cicilan? atau bln berikutnya tagihannya 3jt+bunga. infonya pak penggunaan kk untuk org baru punya kk

  19. selamat sore pak sya punya kk di tiga Bank yang berbeda dan sudah nunggak di tiap bank2 tersebut.yang saya mau tanya bisa tidak saya meminta waktu pembayaran untuk diundur dalam hal pembayaran di pembayaran di bank masing2?dan meminta biaya pokok untuk du kurangkan

      • pak enos…saya punya kartu kredit salah satu bank…pinjaman full sampai limit 10 jt. jatuh tempo tg 12 des ini…tp saya blm punya dana untuk nutup nya…sktr tgl 24 des saya bisa menutupnya karena dpt bonus dr tmpat kerja saya… saya tdk ingin black list bi…kalo denda n bunga gpp sih…gmn solusinya yah pak…mksh

  20. pak enos saya mau tanya saya punya cc limit 5 juta dan saldonya sudah saya pakai semua apakah itu akan mempengaruhi bi checking ??

  21. Selamat sore pak, mhon bantuan dan solusinnya. saya menggunakan KK Mandiri dkengan limit 10 juta untuk pengguna kartu kredit pertama kali. Selama kurang lebih satu tahun saya menggunakan kartu kredit kadang2 tepat waktu dan kadang tidak tepat waktu saya bayar. kurang lebih selama ini saya lakukan pembayaran sdh melebihi dari total limit yang dikasih. tapi sekarang malah tagihan masih tetap dan malah melebihi dari dari limit yang dikasih waktu itu. total tagihan skrng malah sdh mau 11 jutaan. mhon sulusinnya pak. malahan saya di sms dari pihak mandiri dengan isi sms sperti ini””” sat ini nama anda sdh collecbilitas 5 (kategori kredit macet) dan sdh dalam daftar khusus Blacklist Bank Indonesia, jika tdk ada pembayaran segera maka penanganan penagihan dialihkan ke pihak ke3 tim eksekusi dept kollektor yang akan langsung menagih pelunasan di tempat sesuai dengan total tagihan yang berjalan. jgan rugikan anda sendiri. Tks (BM)””” seperti itu bunyi smsnya pak. Mohon bantuan dan solusinnya……

  22. pagi pak enos, saya mau tanya, emang kk pembqyaran nya di debet ya padahal slama ini sya slalu transfer tpi emang blan terakhir sya kan tidak melakukan transfer kenapa bisa debet di rek saya, pas sya tanya pada colection nya dia tdak tau dan malah dia bilang gak bakal di debet bu kalau cc itu harus di transfer itu gmana pak??

  23. Pak eno, saya punya tag KK sebesar 9,6jt dbank mega, selama ni sya hanya membayar minimal 10% dari total tagihan. jumlah tagihan sya buat dalam bentuk cicilan tetap apakah bisa? mohon bantuannya

  24. Pak Enos saya ingin Tanya tentang tanggal cetak dan tanggal tagihan kk
    contoh Tanggal cetak 24-april-2016 dan tanggal jatuh tempo 14-mei-2016
    jika saya memakai KK pada tanggal 2-mei-2016 berarti beban saya harus bayar di bulan mei sebelum tanggal jatuh tempo ,atau ..saya harus bayar di bulan juni sebelum tanggal jatuh tempo…..???

    • Pak Suwarno, jika digunakan setelah tanggal cetak maka tagihan akan dibayarkan setelah tanggal cetak berikutnya. Dalam kasus bapak akan dibayarkan di bulan Juni sebelum tanggal jatuh tempo. Demikian semoga berkenan dan sukses selalu!

  25. Pak enos sy mau tanya, sy pakai kk baru pertama kali yg ingin sy tanya, klau sy byr secara cicilan sblm keluar tagihan apakah jd masalah, satu lagi pak yg sy kurang jelas tentang bunga harian dlm masa tenggang pembayaran sblm jatuh tempo & bunga bulanan. artinya disini kita kena 2x, baik itu bunga bulanan & harian ? Mohon penjelasanya pak trima kasih

    • Pak Irfansyah, tidak masalah jika bapak bayar sebelum jatuh tempo/tagihan keluar. Bunga bulanan jika melewati tgl jatuh tempo bapak belum bisa melunasi semua tagihan dan itu dihitung secara harian dimulai bapak mengadakan transaksi menggunakan CC. Untuk menghindari bunga sebaiknya melakukan pembayaran sebelum tgl jatuh tempo lewat. Demikian.

  26. Halo pak enos salam kenal. Begini pak saya ada tagihan cc sebesar 4,6jt dan telah berlangsung 6 bln. Selama ini saya bayar tagihan antara 1- 2jt..namun krn kebutuhan jadinya gali lobang tutup lobang..blm lama ini tagihan saya yg 4,6 tsb ditawari cicilan antara 6 -12 bln. Apakah tawaran tsb saya ambil atau tidak pak sebaiknya, lalu apa kira2 (+/-) nya utk saya…Terima kasih

    • Semua bergantung kemampuan keuangan bapak… silahkan ditanyakan ke marketing berapa cicilan 6-12 bulan. Jika lebih ringan menurut bapak, tidak ada salahnya fasilitas/tawaran tersebut digunakan. Namun semua kembali kepda kemampuan/keputusan bapak sendiri.

  27. Malam pak enos saya mau tnya cc saya kan limitnya 4jt bulan ini kan saya ada tagihan 1.960.000 tgl jatuh temponya tgl 26 tpi sebelum saya bayar yg blan ini saya ambil lagi 1.900.000 trus besok siangnya saya bayar yg 1.960.000 pas malamnya saya ambil lagi kug masih over limit.. Itu maksudx gmna? Knapa saya gag bisa ambil lagi kan sudah saya bayar bukannya yg 1.900.000 itu ikut tagihan bulan depan ? Mohon penjelasannya terima kasih

  28. siang pak etos,, sy pnya tagihan sebesar 25 jt, cmn sy bs byr minumny sy sebr 2,5jt.. jika sy ingin di buat cicilian it gmn ya pak. mohon bantuanny. terima ksh

  29. Sore pak sy mau tnya cc sy kn limitnya 3jt nah sy pakai blanja 3juta itu bs djadikan cicilan tdk yah, klo djadikan cicilan bs overlimitkah krena kena bunga ? Trimakasih pak ☺

  30. Malam pak Enos,
    Saya mau nanya, teman sy punya CC limit 5 jt, tagihan 3.5 jt , tanggal cetak 28 oktober, jatuh tempo 15 november, tapi dia belum bisa bayar dan sudah lewat jatuh tempo 2 hari, dia tanyakan ke CS Penerbit kartu, mereka mengatakan tidak bisa jika dibayar pada bulan berikutnya, dan meminta bayar minimum nya saja, saya baca diatas bapak mengatakan bayar dibawah batas minimum, sedangkan dia mencoba bayar melalui ATM batas pembayaran CC hanya bisa 500rb, bisa tolong dijelaskan kenapa bayarnya dibawah batas minimum? Dan bagaimana cara membayar di bawah batas minimum yang bapak maksud .. Maaf banyak tanya newbie .. Sebelumnya terima kasih.

    • Ibu Putri,
      “saya baca diatas bapak mengatakan bayar dibawah batas minimum”? Saya juga kurang mengerti, sepertinya saya tidak pernah menulis hal tersebut….,
      Jika belum bisa membayar semuanya, usahakan bayar minimum pembayaran. Semoga berkenan… sukses selalu.

  31. pak enos saya mau tanya, limit cc itu kan terbagi 2, kredit dan tunai, jika limit kredit saya 5jt dan tunai 2jt, bisakah saya gestun 6jt?
    terimakasih

  32. Pak enos maw tnya nih .saya baru buat kartu kredit dan limitnya 7 juta . Dan jumlah pemakaian 3.146.951 .dan tgl cetak tagihan tgl 26 – 02 – 2017 Trus kn udah di bayarkn kmren 1.5 jt sedangkn tgl jatuh tmpo 18-03-2017, kan di kartu kreditnya masih ada limitnya . Apa msih bisa di gunakn . Mohon penjelasannya.

  33. saya pny cc dgn limit 5 jt.sudah saya gestun semua dgn cicilan 10 bln.bila blm 10 bulan belum selesai tapi saya mau gestun lagi bisa tidak dan apa gestun yg kedua tempo sbln atau bisa cicilan jg seperti gestun pertama..trima kasih sblmnya pak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s