Kost Harian

Salah satu peluang yang saya anggap sangat potensial semenjak bisnis kost saya jalankan adalah Kost Harian. Betapa tidak, hanya dengan hitungan harian bisnis rumah kost bisa mendapatkan penghasilan yang dapat melebihi penghasilan dari kost bulanan.

Saya teringat yang pertama mengontrak rumah kost kami adalah keluarga yang ingin menghadiri wisuda anaknya. Awalnya kami berpikir ini hanya musiman (acara wisuda, lebaran, natalan, liburan anak sekolah) ternyata seiring waktu ternyata banyak juga yang mencari kost harian karena keperluan bisnis/kerja.

Banyak pencari kost harian adalah para konsultan suatu perusahaan, auditor, pramugari maskapai penerbangan, dan juga penumpang pesawat yang mengalami penundaan penerbangan. Bahkan ada yang mencari kost harian karena akan menghadiri reuni se-SMA.

Penghasilan dari kost harian bisa mencapai 2 kali dari kost bulanan.

Penyewa harian terkadang menuntut sesuatu yang lebih dibandingkan penyewa bulanan, namun semua itu bisa menciptakan peluang-peluang yang dapat menambah pundi-pundi penghasilan 🙂

Fenomena kost harian sudah lama saya ketahui di kota Bandung, dengan banyaknya para backpacker yang mengunjungi Bandung untuk berakhir pekan. Hal inipun pernah saya alami sendiri. Mereka mencari tempat bermalam yang biayanya lebih rendah daripada harga penginapan sekelas melati sekalipun.

Berikut ini beberapa syarat agar rumah kost anda bisa menjadi hunian kost harian:

  • Lokasi strategis, terutama masih masuk dalam wilayah tengah kota atau tengah kota dapat dijangkau dalam hitungan menit.
  • Tempat tenang, bersih dan dekat jalan besar/utama.
  • Penyewa dapat mengakses kamar tanpa mengganggu penghuni lainnya, sehingga mereka dapat keluar dan masuk tanpa harus berbasa basi dengan penyewa lainnya.
  • Tersedia fasilitas bersih kamar harian.
  • Sediakan kebutuhan utama seperti air panas untuk membuat kopi, teh, ataupun mie instan. Kalo disediakan sarapan pagi lebih bagus lagi.
  • Fasilitas kamar sebisa mungkin mengikuti standar kamar penginapan/hotel.
  • Harga bersaing dengan penginapan atau hotel.

Semoga bisa menjadi inspirasi…

Iklan

6 respons untuk ‘Kost Harian

  1. saya juga buat di bandung, kost-kost harian, per hari 25.000/orang, seperti dormitory/asrama/hostel. rencana kedepannya mau diubah jadi satu kasur satu kamar supaya bisa menampung tamu lebih dari satu keluarga/grup, website: cibabat.com srumah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s