Cara menuju Tana Toraja

Ada 2 cara menuju Toraja:

  1. Dengan perjalanan darat
  2. Dengan pesawat udara.

  1. Perjalanan Darat.
  2. Perjalanan darat dapat dimulai dari Makassar yang merupakan Ibukota propinsi Sulawesi Selatan. Perjalanan ditempuh dengan menggunakan bis antar propinsi, dan untuk mendaftar dapat menuju terminal angkutan darat di Daya’. Bis yang dari dulu telah melayani angkutan penumpang ini adalah Fa Litha (saat ini adalah angkutan dengan armada bis terbesar) dan Liman serta beberapa bis besar dan kecil lainnya. Saat ini tarif bis tersebut berkisar Rp 75.000,-. Bis-bis angkutan tersebut sudah sangat nyaman dengan tersedianya WC di dalam bis serta berpendingin suhu dan kursi yang nyaman. Bis ini berangkat dengan jadwal tertentu.

    Alternatif lain bagi yang ingin lebih nyaman adalah menyewa mobil, biasanya sewa mobil tersebut berkisar 800rb – 1 juta rupiah untuk sekali perjalanan, harga tersebut bisa di nego.

    Perjalanan dari Makassar menuju Toraja berkisar antara 6-8 jam perjalanan.

    Rute darat akan menyusuri beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan, dari Makassar kita akan melalui kota-kota Maros, Pangkep, Barru (disini bisanya bis akan berhenti untuk beristirahat pertama) setelah itu Pare-Pare (biasanya kota Pare-pare dianggap pertengahan jalan dari Makassar ke Toraja), kemudian kota Sidendreng, Enrekang (di wilayah kabupaten Enrekang bis akan berhenti kedua kalinya dan terakhir di dareah “Puncak”) setelah itu memasuki kabupaten Tana Toraja. Perjalanan di area Enrekang mendekati Toraja akan berkelak-kelok… Perbatasan antara Enrekang dan Tana Toraja ditandai dengan gapura di jembatan yang dilalui bertuliskan Selamat Datang di Tana Toraja.

    Perjalanan darat ini akan sangat dinikmati jika ditempuh pada siang hari, dimana pemandangan sangat indah… mulai dari pemandangan lepas pantai yang indah mulai dari Pangkep sampai saat mendekati Pare-Pare. Kemudian pemandangan pegunungan yang saat indah di kabupaten Enrekang setelah itu persawahan dan gunung-gunung di kabupaten Tana Toraja.

  3. Perjalanan Udara.
  4. Melalui bandara udara Hasanuddin di Makassar dengan menggunakan pesawat DAS (Dirgantara Air Service) perjalanan udara hanya ditempuh selama kurang lebih 45 menit ke Bandar udara Pongtiku di Rantetayo. Kemungkinan akan dibangun Bandara Udara yang lebih besar di Mengkendek untuk memenuhi kebutuhan angkutan udara yang semakin meningkat. Sehingga para penumpang dapat langsung terbang dari Bali atau kota lain di Indonesia menuju Tana Toraja.

    Harga tiket pesawat berkisar 200-an ribu, untuk mengetahui jadwal penerbangan saat ini dapat menghubungi kantor perwakilan DAS di Bandar Udara Hasanuddin Makassar…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s