Hati-hati Program Kartu Kredit… Cicilan 12 Bulan, bunga 0%…

Ini saya alami di salah satu supermarket besar yang terdapat di suatu mall di Surabaya saat cuti. Sekitar tanggal 21 Desember 2009 adik istri membeli kulkas menggunakan kartu kredit milik saya yang dikeluarkan oleh salah satu Bank BUMN besar, karena adik kami mengetahui bahwa terdapat program cicilan 0% sampai 12 kali cicil jika menggunakan kartu kredit dari bank tersebut.

Setelah ditanyakan ke petugas di supermarket tersebut ternyata benar program tersebut masih ada dan pada hari itu adalah hari terakhir. Singkat cerita terjadilah proses beli, dan sayapun sudah memastikan di slip tagihan tertulis cicilan 12x dibayar tiap bulan, berarti dicicil selama 12 bulan.

Tanggal 18 Januari 2010, saat saya memeriksa tagihan kartu kredit melalui ATM untuk bulan Desember 2009 yang jatuh tempo tanggal 30 Jan 2010, koq ada yang ganjil ya…. tagihan melonjak jauh padahal KK tidak pernah digunakan sampai sebanyak ini…

Esok harinya saya tanyakan ke call center rincian transaksi KK saya pada bulan tersebut. Ternyata tagihan yang besar adalah tagihan pembelian kulkas di supermarket di Surabaya.

Saya berusaha menjelaskan bahwa kulkas tersebut saya beli dengan mengikuti program cicilan 0% dibayar 12x (12 bulan). Menurut CS call center Kartu Kredit tersebut, saya harus menanyakan ke supermarket tersebut karena informasi yang diterima oleh penerbit KK tagihan akan dibayar dalam 1 kali bayar.

Saya tidak mungkin mengurus masalah ini karena sekarang saya sudah balik ke Papua setelah masa cuti sudah berakhir…

Sebelumnya saya pernah mengikuti program sejenis ditempat lain di Surabaya dan tidak ada masalah.

Teman sekantor ternyata memiliki pengalaman yang sama saat membeli laptop. Ditanyakan ke bank penerbit KK dikatakan ini urusan pembeli dan penjual, versi penjual mereka sudah memberitahu bank penerbit KK bahwa barang akan dicicil 12x dengan bunga 0%. Akhirnya oleh teman saya didiamkan karena tidak tahu yang benar mana dan masalah ada dimana… kedua pihak (penjual dan penerbit KK) tidak mau bertanggung jawab.

Setelah mendengar cerita teman tersebut akhir sayapun berkesimpulan, ya sudah… dibayar saja tagihan KK… daripada kesal di ping-pong sana-sini seperti teman tersebut dan tidak ada jalan penyelesaiannya.

Ini pelajaran buat saya dan pembaca… berhati-hatilah dalam mengikuti program tersebut! Sekalipun itu supermarket besar dan terkenal. Semoga tidak mengalami hal diatas… kalo lagi punya uang sebaiknya bayar tunai, atau menggunakan kartu debet.

Iklan

33 respons untuk ‘Hati-hati Program Kartu Kredit… Cicilan 12 Bulan, bunga 0%…

    • Sudah ditanyakan oleh istri saya mengenai program ini dan oleh merchant mereka mengaku salah namun tetap kami harus bayar tagihan 1x. Merchant malah meminta kami agar menghubungi bank kalau bisa diubah jadi 12x… lah itukan kerjaan mereka koq malah kita harus melapor… program mereka, yang salah mereka, tapi malah nasabah yang disuruh minta ke bank… ya jadi pelajaran…

      • sebenarnya sesaat setelah transaksi sudah bisa dilihat kok di rincian printout EDC, disitu kan tertera 12x, kalau tidak betul atau salah masih bisa di VOID alias batalkan transaksi dan di input ulang hingga benar.
        Biasakan memeriksa printout tagihan.

  1. Terima kasih informasinya, ini adalah pengalaman sekaligus pelajaran berharga, terima kasih telah berbagi, semoga kita lebih berhati2 dalam menghadapi suatu sistem seperti ini, salam kenal

  2. wah kayany saya ga jadi ambil cicilan 0%// sy baru aja merencanakan ambil laptop dari cc niaga sy.. tp mengingat sharing dr bbrp rekan… mending kas aja.. atau cicil k koperasi perusahaan sy aja kali ya… 1,3% perbulan.. lebih terjamin

  3. btw bleh nanya ni ama rekan2.. sy dpt tawaran dana tunai gestun dr teman… ini ada resikony ga ya… pikir2 kl sy bisa ambil dana tunai dr kartu kan bgs juga ni beli brg cash.. drpada cicil 0% terus pjg urusanny.. msh bingung

    • gestun itu apa ya? Hati-hati ambil dana tunai dari kartu kredit karena bunganya sangat besar jika tidak segera dilunasi bulan berikutnya. Sebenarnya saat mengambil cicilan 0% harus dipastiin ke petugas di merchant bahwa ini untuk cicilan 12x atau 6x sebelum meninggalkan merchant.

    • Gestun = gesek tunai , saya pernah coba di salah satu merchant syukur belum ada masalah hanya dana kita dipotong 3% contoh gestun 1juta kita dapatnya 1jua – 3%, karna komisi 3% diambil oleh merchant.

      Semoga kedepannya Gestun , cicilan ga bermasalah ya…

      salam
      Komang

      • Seharusx pemegang KK, itu lebih lihai dr pda yg punya jasa gestun. Klo boleh tau, di kota mana ni,kokMRT nya lumyan gede 3%.

  4. sangat bermaaf sekali nih buat calon pembuat KK.. tp alangkah bagusnya di sebutkan bank apa itu ? jd calon pembuat KK bs menanyakan kelemahan hal tersebut…

    • Maaf saya pikir tidak etis kalau harus menyebutkan nama bank, tapi sebagai petunjuk saja bank tersebut adalah bank besar plat merah. Kemungkinan ini kesalahan petugas di merchant, bukan bank. Karena bank hanya menerima laporan… untuk itu di slip pembayaran pastikan tertera tulisan cicil 12x atau 6x dsb… Pada saat itu KK saya digunakan untuk membantu saudara yang akan membeli produk elektronik cicilan 12x 0%…

  5. trus biar kita ada keyakinan and pegangan kalo merchant tersebut sudah sesuai untuk cicilan 12x gmn dunk… mohon tips2 nya…

    • Saya juga mengalami kasus serupa. Ternyata apabila kita ditawari program cicilan 0% (atau …%), kita harus segera menelepon ke bank penerbit kartu tersebut SEBELUM 14 HARI (kalau tidak salah), kecuali kalau itu dari program kartu kredit tersebut (barang yg kita beli adalah yang tertera di brosur/leaflet dari bank penerbit kartu). Katakan pada CS penerbit kartu bahwa kita punya cicilan dg toko … sebesar Rp… selama … bulan dg bunga …%. Setelah divalidasi, fihak kartu kredit akan menelepon merchant (penjual barang/tempat kartu kita digesek).

      HATI-HATI, kalau lebih dari 14 hari, kita harus bayar penuh (seperti yg terjadi pd pak Enost dan saya).

      Itulah cara-cara berbisnis yg ada di Indonesia, sering ‘mengecohkan’ (mudah2an bukan disengaja), sehingga konsumen terkecoh dan akhirnya membeli. MEMANG INI BUKAN PENIPUAN, TETAPI KOK RASANYA TIDAK AKAN MEMPEROLEH BERKAH DG MENGAMBIL KEUNTUNGAN DARI KEKECEWAAN/KEKESALAN ORANG. Seharusnya kan SPG/penjualnya mengingatkan ke calon pembeli agar harus SEGERA menelepon penerbit kartu, bahwa bahwa kita telah melakukan transaksi dg cicilan.

      Semoga kekesalan dan kekecewaan kita dapat bermanfaat dan tidak terulang lagi

  6. sebenarnya…program cicilan 0 % ada di beberapa bank seperti Permata dan Kartu Cicilan ANZ selama 3 bulan….caranya adalah hubungi call centernya maksimal 14 hari setelah tanggal pembelian….dan jadikan cicilan 0 % selama 3 bulan….

    Semoga Bermanfaat

  7. Ya, benar kata mas Yudi. bukannya memang harus hubungi call center masing” KK untuk program cicilan.
    Pihak penjual hrusnya menjelaskan hal tsb.

  8. Berdasarkan pengalaman saya kalo ikut cicilan 0% setelah kita bayar di kasir di struck pembayaran kartu kredit di bagian bawah nominal pembelian lsg ada tercetak cicilan selama beberapa bulan, misal kita beli barang senilai 3.000.000, nah di bawah biasanya sdh ada tulisan program cicilan senilai 6 x 500.000, kita harus melihat di bagian bawahny, kalo tidak ada brarti itu sama aja lsg kita bayar 1bulan, dan kita вιѕα lsg komplain ke kasir saat itu juga. Ini contoh salah satu struck pembelian yg ada program cicilan, silahkan buka image http://i.imgur.com/oUdjMNT.jpg
    Perhatikan di bagian bawah ada periode masa cicilan, kalo tdk ada berarti kita di bohongin sama kasirnya, semoga bermanfaat dan вιѕα menjadi pengalaman ke depan bila mau ikuti program cicilan.

  9. Aq sih kecewa berat dg bank bri. Kk ku sdh minta diblokir sampe ganti kartu 3x. Yg 1 dan ke2 masih sy bayar. Krn transaksi menjebak di internet. Tp yg ke3 masa hrs sy bayar juga. Coba diurus tp krn sy tinggal d cirebon, diurus.lewat telepon. Berkali2.mereka janji akan menindak lanjuti. Ternyata hanya manis dibibir. Tdk pernah selesai alias kita harus bayar. Sekalipun itu tagihan krn kelalaian bank. Pernah saya kelebihan membayar juga. Waduh managementnya kacau, baik via tlp maupun webnya. Masalah sy berlarut2 sampe setahun terlalu. Kesimpulannya, lebih baik beli cash. Kk hanya lahan spy ada.kerjaan tuk mereka.

  10. kalau pembelian secara online gt emang bs ya melayani pembayaran dgn program kartu kredit cicilan 0% tersebut ? kalo emang ada yg pernah mengalami, utk nge-cek ny gimana ya cara ny ?

  11. Saya juga pernah mengalami hal itu. Saya follow up terus ke bank terkait.
    Dan bank tersebut menghubungi toko terkait.
    Memang butuh proses. Dan akhirnya penbayaran jadi cicilan nol persen.

  12. Nimbrung share aja nee… saya & istri memiliki total 25 pc kk, baik keluaran bank dlm negeri atau luar negeri, baik bank besar maupun ecek – ecek. Kk kredit bisa jadi setan atau malaikat, menyesatkan dan membuat pusing atau menolong, tergantung kita yg memakainya. Skrg total kartu kami tinggal 5 pc, dulu krn bangkrut usaha dan cari pinjaman modal ngak ada yg kasih, cuma kk yg baik kasih modal. Dari kk bisa utk usaha, walau bunganya GILA…terpaksa dan musti perhitungan. tapi ingat peran malaikat akan berganti setan setelah kita punya modal sendiri, utk itu secepatnya closed bila sdh punya modal, kalo ngak tuch kartu lari nya pasti utk konsumtif. Lebih baik ngak usah pakai kk kalo ngak ingin pusing.

  13. selama ini saya sudah 6 kali melakukan pembelian barang di tokopedia dengan memanfaatkan kartu kredit bca cicilan 0% dengan jangka 12 bulan, alhamdulillah lancar, sebagian barang untuk konsumsi pribadi dan sebagian lagi untuk dijual kembali. ternyata dengan penggunaan yang bijak dan cermat, kartu kredit bisa digunakan sebagai modal usaha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s