Tana Toraja

Ukiran Pa'Tedong
Pa'Tedong

Toraja adalah nama suku yang bermukim di Pulau Sulawesi, tepatnya di propinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Sebagian besar dari suku Toraja berada dalam satu kabupaten yaitu Tana Toraja, walaupun sebenarnya rumpun dari suku Toraja ada yang berdiam di kabupaten sekitarnya seperti kabupaten Enrekang.

Kata Toraja menurut suku Bugis berasal dari bahasa mereka To = Orang, Riaja = tempat yang tinggi atau “orang yang tinggal di tempat tinggi (gunung-gunung)”. Hal ini dapat diterima karena kontur tanah Kabupaten Tana Toraja memang terdiri dari gunung-gunung.

Sementara buat orang Toraja sendiri, mereka menyebut diri mereka “Toraya”, To = Orang, Raya = besar (bangsawan) atau “Orang-orang Besar (bangsawan)”.

Sementara Tana berarti ”tempat”. Jadi Tana Toraja adalah “Tempat Orang-orang Besar” atau ”Tempat orang-orang yang tinggal di tempat tinggi (gunung-gunung).

Kabupaten Tana Toraja terletak sekitar 300-an km sebelah utara kota Makassar yang merupakan ibu kota Propinsi Sulawesi Selatan, yang berhawa sejuk sampai dingin dan tanah berkontur pegunungan.

Pemandangan di Tana Toraja sangatlah indah, dengan hamparan persawahan bertingkat-tingkat dan rumah-rumah adat yang sangat khas dengan budaya yang unit membuat Toraja menjadi salah satu tujuan pariwisata unggulan di Sulawesi Selatan.

Orang Toraja biasanya menyebut Tana Toraja sebagai “Tondok Lepongna Bulan Mantari’ Allo” yang sepengetahuan saya (yang saya dapatkan dari orang tua saya) mereka mau memberitahukan bahwa Tana Toraja adalah daerah yang indah nan permai.

Tondok = Kampung, Lepongna Bulan = Bulatnya bulan/ Bulan Purnama (kemungkinan ingin menggambarkan indahnya Bulan Purnama),  Mantari’ Allo = Matahari yang bersinar cerah…

Iklan

3 respons untuk ‘Tana Toraja

    • Thanks atas kunjungannya, iya sebagai anak Toraja saya ingin tulisan ttg Toraja di blog saya…
      semoga ini bukan kunjungan yang terakhir…
      tukaran link yuk… blog anda sudah tercamtum di blog saya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s