Beriklan di Internet

Saat ini orang berlomba-lomba mendirikan usaha, hal ini disebabkan oleh pergeseran peradaban dari abad industri ke abad informasi. Mengapa saya sebutkan demikian, pada abad informasi orang dengan mudah mendapatkan informasi yang diinginkan dengan berkembang pesatnya sarana-sarana dalam membantu penyebaran informasi.

Seiring dengan itu, informasi-informasi tersebut jika diterima oleh orang yang jeli melihat peluang dipergunakan untuk mendirikan suatu usaha atau yang lebih dikenal dengan berbisnis. Mereka melihat celah-celah yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat disekitar mereka bahkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dibelahan dunia lain yang mereka tidak kenal.

Salah satu sarana informasi yang saat ini marak perkembangannya adalah Internet. Melalui internet ini orang dapat terhubung satu sama lain selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu tanpa dibatasi oleh jarak. Bisnis atau usaha yang baru berdiri disuatu tempat dapat langsung diketahui oleh orang lain di tempat yang berbeda yang jaraknya bermil-mil jauhnya.

Hal ini saya rasakan saat mempromosikan rumah kost yang baru selesai saya dirikan di Surabaya. Saat itu saya berpikir bagaimana caranya agar rumah kost tersebut dengan cepat dapat diketahui oleh orang banyak. Sayapun mulai membuat brosur sendiri yang saya cetak dengan printer berwarna, dan kemudian saya sebarkan sendiri. Brosur-brosur tersebut saya letakkan tempat mesin ATM, saya selipkan di wiper kaca-kaca mobil, saya tempelkan di tempat-tempat keramaian, namun ternyata jumlah orang yang menghubungi kami untuk menanyakan rumah kost dapat dihitung dengan jari.

Kemudian saya mulai beriklan menggunakan sarana iklan gratis di internet, tanpa disangka banyak orang yang mulai menanyakan rumah kost saya. Dalam hitungan 3 bulan rumah kost tersebut sudah penuh, dan penghuni rumah kost tersebut kebanyakan orang-orang yang tinggal jauh di luar Surabaya seperti dari Jakarta, Menado, Makassar, Tembagapura, Semarang… dan kota-kota lainnya.

Kami selalu menanyakan, “darimana bapak/ibu mengetahui rumah kost ini”, dan jawaban terbanyak “dari internet”. Sayapun hanya dapat berdecak kagum, dan bersyukur kepada orang-orang menciptakan teknologi internet ini… Gunakanlah internet sebagai sarana promosi anda… karena internet dapat menghubungkan anda dan calon konsumen anda tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu… disamping itu murah!

Ini salah satu iklan saya di internet:
http://enos-tampang.tokobagus.com/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s