Teralis Jendela…

Kalau kita melihat acara berita di TV, banyak sekali tayangan yang membahas mengenai tindak kriminal. Untuk itu kita harus mengantisipasi sebelum hal itu terjadi pada diri kita, khususnya pada saat kita berada di rumah. Salah satu tindak pencegahan yang dapat dilakukan adalah memasang teralis tiap jendela rumah.

Teralis pada jaman dahulu biasanya hanya terdiri dari batangan-batangan besi yang dipasang vertikal dengan lebar tertentu dan berjarak sama, seperti jeruji kerangkeng penjara. Hal ini dapat dilihat pada rumah-rumah peninggalan jaman kolonial yang masih terawat sampai sekarang. Kemudian pembuatan teralis mulai berkembang dan yang sempat menjadi tren adalah teralis berbentuk ketupat. Seiring waktu, pembuatan teralis semakin mengikuti perkembangan teknologi dan seni yang disesuaikan dengan selera pemilik rumah.

Pada akhirnya fungsi teralis bukan hanya diperuntukkan sebagai alat pengamanan namun sedikit banyak telah bergeser sebagai salah satu ornamen jendela yang mempercantik rumah.

Teralis dapat dibuat dari beberapa jenis bahan metal, yang saya ketahui ada 3 jenis, alumunium, besi, dan baja. Kebanyakan teralis dibuat menggunakan besi, karena disamping kuat harga besi saat ini relatif murah. Namun terdapat juga rumah yang menggunakan teralis dari alumunium. Kelebihan dan kekurangan dari ketiga bahan tersebut sbb:

  • Besi: Kuat dan murah, namun dapat berkarat jika tidak dirawat.
  • Alumunium: Tidak kuat, harga lumayan mahal, tidak berkarat.
  • Baja: Sangat kuat, harga paling mahal dibanding kedua metal lainnya, tidak dapat berkarat.

Dari perbandingan diatas konsumen dapat memilih bahan yang dapat digunakan disesuaikan dengan keuangan dan kegunaan.

Saat ini bahan dari besi masih menjadi pilihan banyak orang karena besi kuat dan murah. Namun besi membutuhkan perawatan, kita harus mengecat besi tersebut dengan menggunakan cat dasar (biasanya cat yang dapat mencegah agar besi tidak cepat berkarat), setelah itu digunakan cat sesuai selera.

Cara membersihkanpun harus menjadi perhatian, jangan terlalu sering membersihkan teralis besi dengan menggunakan air karena air dapat mempercepat proses karat. Kalaupun harus menggunakan air sebaiknya harus segera dikeringkan menggunakan kain lap kering.

Jika anda mempunyai dana yang lebih, baja menjadi salah satu pilihan yang paling baik sebagai bahan teralis karena sifatnya yang kuat dan tidak berkarat.

Namun rumah-rumah mewah milik orang berkantong tebal, pembuatan dan bahan teralis bukanlah masalah harga, namun sudah menjurus ke arah seni dan kepuasan pribadi. Saat ini banyak dari mereka menggunakan alumunium sebagai pilihan. Teralis digunakan sebagai faktor seni dekorasi atau ornamen jendela yang dapat mempercantik rumah mereka, untuk keamanan lebih dipercayakan kepada sistem alarm (eletroknik atau anjing, atau lainnya) dan juga satpam sampai bodyguard.

Saat ini harga teralis dihitung berdasarkan bahan, luas, dan tingkat kesulitan/ kerumitan desain teralis. Saat saya memesan teralis yang terbuat dari besi 8mm, harga yang didapatkan bervariasi berkisar antara 200 – 225rb/ meter persegi, sedangkan besi 10mm harga yang diberikan 225-260rb/ meter persegi dengan desain yang sederhana alias minimalis… tapi bukan yang minimali banget loh… seperti jeruji penjara πŸ™‚

Seperti kata pepatah, “sedia payung sebelum hujan”… pasanglah teralis segera di rumah anda!

Iklan

3 respons untuk β€˜Teralis Jendela…’

    • Pak Yohanes, saya pernah tanya-tanya kontraktor (kepala proyek) saat saya jalan-jalan melihat perumahan di Surabaya. Menurut mereka yang bagus itu alumunium padat, jangan yang tengahnya kosong kalau hendak digunakan sebagai kusen. Saya lupa mereknya, warnanya ada yang putih dan kuning. Coba tanya-tanya di toko kusen alumunium… sekarang sudah banyak di kota-kota besar Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s