Selamat Jalan Gus Dur…

Baru pulang kerja dan sedang nonton tv sambil berbaring di kasur… tiba-tiba di scroll message TV One tertera tulisan Gus Dur telah wafat. Perasaan kaget campur sedih karena salah satu putra besar bangsa ini telah pulang menghadap sang khalik pada 30 Desember 2009, pukul 18.45 WIB.

Putra bangsa yang dengan suaranya yang terkesan santai namun selalu menyuarakan kata-kata yang sarat makna dan berpikiran jauh ke depan, yang terkadang, bahkan sering tidak dapat diterima oleh akal kekinian saya, yang suara dan tindakannya selalu membela kaum minoritas, rakyat kecil, kaum yang termarginal-kan harus pergi meninggalkan kita disaat kita menantikan pergantian tahun. Tahun depan yang diharapkan akan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Gus Dur yang terkenal dengan selorohnya “begitu saja kok repot” saya maknai untuk mengajak bangsa ini agar tidak terlalu serius menghadapi masalah-masalah yang sangat berat sekalipun. Hidup ini sudah susah kenapa harus ditambah susah dengan memikirkan hal-hal yang dapat membuat kita repot (tidak dapat kita ubah)… Kata-kata inipun terkadang saya dengungkan didalam hati saat menghadapi masalah yang mengganggu pikiran, entah itu masalah kerjaan ataupun masalah dalam keluarga.

Selamat jalan Gus Dur, semoga amal ban baktimu di dunia diterima Tuhan dan semoga tahun-tahun kedepan yang kita hadapi tetap akan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s