Hasil Appraisal Properti…

Kemarin oleh NISP kami diberitahu perkiraan hasil survey dan nilai kredit yang akan didapat. Hasilnya cukup menarik walaupun belum sesuai dengan yang diharapkan, jadi pusing juga mau ngambil yang mana. Perkiraannya sih ngambil yang di NISP dan ngebatali Mandiri…

Semoga dapat memutuskan yang terbaik.

Dari hasil survey kedua bank berbeda, ternyata perkiraan nilai suatu properti dapat berbeda sangat jauh. Menurut saya hasil survey seperti ini sarat dengan muatan kepentingan bank tersebut walaupun mereka menggunakan jasa appraisal independen, hal ini dapat saya rasakan dari hasil survey yang diberitahu. Ada bank yang menilai sangat rendah dibanding dengan pengeluaran yang kami bayarkan saat membeli tanah ditambah biaya membangun rumah kost tersebut. Padahal harga tanah yang kami bayarkan sesuai harga pasar di sekitar tanah tersebut (sudah dibawah NJOP). Disamping mereka mempertimbangkan kemampuan membayar cicilan kredit kami.

Saya menyarankan untuk mengetahui nilai pasti dari properti kita, sebaiknya menggunakan jasa appraisal independen, jangan hanya percaya 100% pada appraisal bank.

Iklan

2 respons untuk ‘Hasil Appraisal Properti…’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s