Ke Purwokerto…

13 Desember, kami sekeluarga mengikuti acara lamaran adik dari istri ke Purwokerto. Berangkat dari Surabaya jam 9.30 malam dengan kendaraan pribadi menyusuri jalur darat pantai selatan Jawa. Sepanjang perjalanan jalur tersebut ternyata sangat padat, baik mobil kecil maupun bis antar propinsi, dan juga truk pangangkut barang berbagai ukuran. Sepanjang perjalanan ke Purwokerto berjalan lancar, tidak terdapat banyak gangguan.

Dalam perjalanan ternyata terlihat bahwa penunjuk jalan yang terdapat di jalur tersebut sangat minim, banyak persimpangan jalan tidak memiliki penunjuk jalan yang memudahkan pengguna memilih jalan yang tepat. Sehingga bagi pengemudi yang tidak mengetahui jalan harus ekstra hati-hati, dan harus banyak bertanya kepada orang sekitar. Lagipula penunjuk jalan yang ada ternyata tidak dirancang untuk  memudahkan pengguna jalur tersebut di malam hari. Namun kendala ini dapat teratasi dengan adanya alat navigasi canggih yang menyertai kami di dalam kendaraan… GPS. Alat tersebut ternyata dapat menunjukkan jalur tercepat yang dapat kami lalui untuk tiba di tujuan.

Cara penggunaannya sangat sederhana, saat akan berangkat  atur GPS dengan memasukkan alamat ataupun kota tujuan setelah itu GPS akan menunjukkan jalur tercepat yang dapat dilalui. Jika kami merubah jalan yang diberikan oleh GPS, maka alat tersebut akan meng-calculate ulang jalur yang baru dengan menunjukkan jalur baru yang terdekat menuju tujuan yang telah diatur saat pertama.

Ditengah perjalanan alat tersebut “hang” alias ngadat, dan tidak dapat di-restart sehingga harus menunggu hingga baterai habis agar alat tersebut mati dengan sendirinya. Sehingga hal ini memperlambat laju perjalanan kami karena harus menebak-nebak jalan yang harus dilalui.

Akhirnya kami tiba di Purwokerto sekitar jam 8 pagi, tanggal 14 Desember setelah melalui perjalanan yang melelahkan apalagi setelah GPS tidak dapat berfungsi karena ngadat…. hehehe ternyata alat canggih tersebut akhirnya kelelahan setelah digunakan hampir 8 jam terus menerus.

Saat tiba di kota Purwokerto kamipun menuju hotel Wisata Niaga, ternyata hotel tersebut telah terisi penuh karena bertepatan dengan hari libur dimana banyak sekali para turis lokal yang lebih dulu memesan kamar. Seharusnya kamipun memesan kamar 2-3 hari sebelum berangkat, satu pelajaran bahwa ternyata di kota yang tidak terlalu besar seperti Purwokerto ternyata banyak juga turis lokal berkunjung kesitu. Apalagi kota tersebut merupakan salah satu kota persinggahan pengemudi yang menggunakan jalur selatan dari Jakarta ataupun Bandung menuju ke timur Jawa.

Menurut resepsionis kami harus menunggu pukul 1 siang, siapa tahu ada tamu yag check out. Sambil menunggu pukul 1 siang kami sekeluarga berjalan-jalan seputaran kota Purwokerto dan disamping itu mencari hotel lain. Sampai pukul 1 siang kami tidak menemukan hotel lain yang cocok sehingga balik ke Hotel Wisata Niaga. Ternyata pukul 1 siang banyak tamu yang checkout sehingga kami bisa mendapatkan kamar. Ternyata kamar tersebut sangat sebanding dengan harga yang lumayan murah, hotel kami rekomendasikan kepada orang lain yang ingin berlibur ke Purwokerto sebagai tempat menginap dengan harga yang murah.

Setelah beristirahat, pukul 7.30 malam kamipun mengikuti acara lamaran, setelah itu balik ke hotel dan tertidur pulas karena kelelahan.

Esok harinya 14 Desember  jalan-jalan ke Baturraden, lokasi wisata pegunungan dengan air terjun dan danau kecil tempat bermain perahu kayuh, dan juga terdapat kolam renang. Kemudian mencari Jenang Jacket yang terkenal di Purwokerto, yang ternyata memang rasanya sangat nikmat. Pukul 1 siang checkout dan selanjutnya pulang kembali ke Surabaya.

Air Terjun Baturraden
Jalan-Jalan di Baturraden

Dalam perjalanan pulang singgah di Jogjakarta muter-muter dan makan di Wong Ndeso di jalan Ring Road Selatan, makanan sangat nikmat… ikan bakar, ayam bakar, cah kangkung… rekomended dech tempat itu…

Habis Makan di Wong Ndeso, Yogyakarta

Setelah makan, perjalanan dilanjutkan dan tiba di Surabaya pukul 2.30 dinihari 15 Desember…. capek deh…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s