Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan jangan bersandar pada pengertianmu sendiri. – Amsal 3:5

Salah satu bisnis yang banyak dilakukan orang sejak dulu yang mendatangkan penghasilan yang sangat lumayan atau bahkan dapat dikatakan menjadi pendapatan utama adalah bisnis rumah kos. Salah satu alasan yang sangat masuk akal mengapa bisnis ini banyak digeluti orang karena banyak orang membutuhkan tempat tinggal sementara lahan yang tersedia semakin sedikit.

Disamping itu dengan semakin meningkatnya kebutuhan manusia, semakin cepat pula orang berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain atau dari suatu kota/daerah ke kota/daerah lainnya. Hal inipun menguntungkan bagi bisnis rumah kos, karena saat berpindah seringkali orang tidak langsung dapat memiliki tempat tinggal berupa rumah sehingga memerlukan tempat tinggal sementara. Kebutuhan tempat tinggal sementara ini dapat dipenuhi oleh hotel dan penginapan namun kebanyakan hotel dan penginapan mematok harga yang cukup mahal sehingga orang beralih ke rumah kos yang dalam perhitungan biaya jika tinggal di rumah kos dalam sebulan kira-kira sama dengan tinggal di hotel 1 sampai 7 hari saja.  Apalagi jika kos-kosan tersebut terletak di daerah strategis maka semakin banyaklah orang berminat terhadap rumah kos tersebut.

Bisnis rumah kos hanya membutuhkan manajemen yang sangat sederhana, sehingga semua orang bisa melakukannya. Yang menjadi kendala adalah pendanaan saat akan membangun rumah kos tersebut. Apalagi jika ingin mendirikan rumah kos yang letaknya di daerah strategis (dekat fasilitas umum, tengah kota, perkantoran, sekolah, dll) karena pada umumnya harga tanah di daerah tersebut sudah selangit.

Tips memulai bisnis rumah kos:

  1. Cari lahan yang strategis untuk mendirikan rumah kos atau cari rumah kos di area strategis yang telah berjalan untuk dibeli.
  2. Pikirkan bagaimana cara mendapatkan dana jika dana anda tidak mencukupi.
  3. Tentukan target utama yang akan menjadi penghuni dari rumah kos anda.
  4. Sesuaikan bentuk/denah rumah kos anda dengan target penghuni anda.
  5. Pikirkan cara untuk mempromosikan rumah kos anda (hal ini dapat dilakukan sejak awal ataupun menjelang akhir pembangunan rumah kos).

Demikian langkah-langkah awal yang harus dipersiapkan saat akan memulai bisnis rumah kos sesuai pengalaman yang saya alami. Mengapa saya menyebutkan ke-5 langkah ini akan saya bahan ditulisan selanjutnya.

Comments on: "Bisnis Rumah Kos (bagian 1)" (4)

  1. Masalah dana itu yang mungkin perlu perjuangan, mengingat proses pengajuan kredit ke Bank pun tidak selalu mendapat approval dan tidak sesuai jumlah pengajuan :)

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

  2. Benar Mas Ben, agar bisa dapat sesuai pengajuan dan mendapatka approval sebaiknya diajukan ke banyak bank sekalian… kadang-kadang di satu bank ditolak namun di bank yang lain ternyata diterima. Terkadang pada bank yang sama antara cabang yang satu dengan cabang yang lain syaratnya juga berbeda…

    • selain lewat bank mungkin kita bisa mencari,melakukan pendekatan dengan orang2 yg memiliki modal tapi tidak tau mau dikemanakan….dengan catatan melakukan pembicaraan bisnis yang dapat saling menguntungkan….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: